Monday, April 23, 2012

Pesona Kota Penyelenggara SEA GAMES Ke-26

Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum di Sea Games ke-26 di palembang tahun 2011 yang lalu. Tentunya di kota ini dibangun sarana-sarana olahraga yang luar biasa demi kesuksesan kompetisi olahraga tingkat negara ASEAN tersebut. Dibalik sarana olahraga yang megah, provinsi ini sangat dikenal dengan makanan khasnya dan sejuta pesona alam yang luar biasa.


Empek-empek atau Pempek sangat familiar sekali dipendengaran kita semua. Apalagi nama makanan khas daerah tersebut selalu diikuti oleh nama kotanya, yuuupss! Kota Palembang. Siapa yang tidak kenal dengan Pempek Palembang? Makanan khas yang satu ini mempunyai citra rasa yang luar biasa yang begitu memanjakan lidah dan memuaskan selera. Namun demikian, kota penyelenggara Sea Games ke-26 ini tenyata tidak hanya menyimpan pesona kelezatan makanan saja, panorama alamnya juga begitu sangat memukau, menakjubkan dan menjanjikan kesegaran. Ada Kota Pagar Alam yang terletak di Gunung Dempo yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Kota pagar alam di sebelah timur, barat dan utara berbatasan dengan Kabupaten Lahat, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Bengkulu. Gunung Dempo dapat dicapai langsung dari Palembang dengan kendaraan pribadi selama lebih kurang 6 jam atau juga menggunakan bus umum dari Lahat meuju Pagar Alam, dari sini dilanjutkan degan bus lain untuk sampai ke perkebunan dan pabrik teh di lereng gunung.

Nuasa alaminya masih sangat segar sekali, anda dapat menghilangkan lelah fisik dan pikiran dari aktivitas sehari-hari bersama alam yang eksotis dan indah bukan kepalang di Pagar Alam ini. Penginapan sebagai sarana penunjang juga tersedia dalam beberapa pilihan. Berikut ini beberapa pilihan penginapan Gunung Dempo yang saya kutip dari Kompassiana.com :

  1. Hotel - Villa Gunung Gare
    Lokasinya terletak di kaki Gungung Dempo, sekitar 7 Km dari pusat kota Pagar Alam. Hotel dan Villa ini milik Pemerintah Kota Pagar Alam. Lokasi dengan Pemandangan perkebunan teh yang sangat indah, menjanjikan kesegaran, kenyamanan dan keramahan bagi anda. Di sekitar villa ini di jual berbagai cinderamata dan asesoris.
  2. Hotel Wisata
    Terdiri dari 16 kamar Hotel standar dengan fasilitas water heater, televisi dan lemari pakaian.
  3. Villa Wisata
    Tersedia 6 villa (1 villa terdiri dari 3 kamar)
  4. Wisma Wisata / Mess
    Terdapat 5 kamar wisma dengan daya tampung 100 orang, tiap kamarnya untuk 20 orang.

Kota Pagar Alam. Sumber : kompasiana.com.


Berikutnya selain hamparan keindahan dan kesejukan perkebunan teh, Kota Pagar Alam juga memiliki obyek wisata kelas 1 lainnya, yaitu Air Terjun Lematang Indah dengan ketinggian 40 meter. Pada hari-hari libur air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan untuk rekreasi dan piknik keluarga. Obyek wisata ini sangat terawat dan dijaga. Sarana untuk mencapai dasar air terjun tersedia tangga, akses naik turun pengunjung, disampingnya terdapat beberapa warung untuk duduk, makan dan beriistirahat sejenak.

Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu lokasi wisata favorit yang sangat mudah dijangkau, karena lokasinya berada di tepi jalan kabupaten. Secara umum kawasan ini memiliki jalan yang berliku dengan pemandangan yang menawan.

Air Terjun Lematang Indah. Sumber : univpancasila.ac.id.

Pesona alam yang terakhir yang akan saya uraikan dalam tulisan ini tak kalah menariknya dari 2 obyek wisata kelas 1 di atas, yaitu Danau Teluk Gelam. Danau ini terletak di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Utara. Obyek wisata ini yang paling banyak dikunjungi dan yang menjadi andalan Kabupaten OKI. Di sekitar danau pengunjung bisa berolahraga air, mandi, berang dan memancing, atau bahkan sekedar melihat indahnya pemandangan saja.

Pada akhir bulan agustus sampai dengan awal september tahun 2004 danau ini pernah dijadikan sebagai salah satu tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-16, khususnya cabang olahraga dayung dan ski air. Jadi jangan khawatir mengenai sarana penunjang obyek wisata yang satu ini. Akses menuju obyek wisata ini juga relatif mudah, karena lokasinya berada di tepi jalan lintas Sumatera.


Danau Teluk Gelam. Sumber bupertelukgelam.com.

Bagaimana? Indah sekali Bukan? Jadi, pastikan Sumatera Selatan masuk sebagai top list tujuan liburan anda bersama keluarga, ataupun teman-teman.

Satu hal yang pasti tidak terlupakan adalah buah tangan anda ketika meniggalkan Sumatera Selatan, Pempek sudah pasti, namun selain itu anda bisa membawa beragam kerajinan dari akar teh atau boneka songket khas Sumatera Selatan.

Mari Berkunjung ke Sumatera Selatan.....

3 comments:

woi keren nian yo, pengen kesano lagi gek...
inget jaman SMA hehehe

anjirrrr kapan ye gue ke sana....

boleh nih sebagai info..

Hexo : iyo nian Xo..
jadi pengen pulang kau yo Xo?
heheheee....

Masnur : yoi Nur, liburan bsa kali yee...

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites